Langsung ke konten utama

Budidaya Ikan Guppy


Budidaya Ikan Guppy
 
Budidaya Ikan Guppy (miniakuarium) -Ikan Guppy mempunyai nilai ekonomis tinggi di karenakan variasi warna yg dimilikinya menarik serta wujud sirip yg bermacam, pemeliharaan serta pemijahan gampang, dan tak terlampau punya pengaruh pd pergantian temperatur serta kualitar air yang lain. Sekarang ini ada lebih kurang 30 type ikan Guppy erdasarkan pola warna serta wujud siripnya, yg beberapa besar adalah komoditi ekspor.

Dari penampakan morfologis, ikan Guppy jantan mempunyai wujud serta corak warna tubuh lebih menarik serta cemerlang dari pada ikan betinanya. Ikan Guppy mempunyai kekuatan berkembang biak yg cepat hingga mesti lekas dipisahkan supaya tak berlangsung perkawinan pd umur muda yang bisa turunkan mutu serta jumlah anak yg dihasilkan.

Ikan Guppy berbentuk ovovivipar, yakni pembuahan berlangsung didalam tubuh, embrio disimpan serta terus berkembang dlm tubuh induk, dapat dilahirkan sbg anak sesudah lebih kurang 20 hari saat kehamilan. Ikan betina dapat menaruh sperma dlm tubuhnya hingga dari satu kali perkawinan bisa melahirkan hingga tiga kali dng jarak saat antar kehamilan 7-43 hari, dng selang saat pada melahirkan anak dng pembelahan induk betina dari jantannya berkisar 16-35 hari.

Budidaya Ikan Guppy

Pemeliharaan Induk Ikan Guppy

Calon induk ikan Guppy bisa didapat sesudah ikan berusia 4 bln.. Untuk menyetarakan perkawinan saat pemeliharaan induk dikerjakan di wadah terpisah. Makanan yang didapatkan berbentuk larva Chironomus (chu merah) serta Daphnia (kutu air), yang didapatkan 2 x 1 hari. Perubahan air dikerjakan 2-3 hari sekali sejumlah 20-30% volume wadah pemeliharaan.

Pemijahan Ikan Guppy


Ikan Guppy bisa dikawinkan baik dengan cara berpasangan ataupun dengan cara massal dng perbandingan pada induk jantan serta betina 1 : 1. Di karenakan perkawinan ikan Guppy dengan cara massal belum pasti berlangsung seluruh pd hari pertama sesudah dicampurkan, maka umumnya lama pencampuran 4-7 hari. Biasanya sepanjang saat tsb ikan Guppy telah kawin hingga ikan betina bisa dipisahkan dari induk jantannya supaya tak terganggu oleh induk jantan. Induk betina yg telah kawin tsb dipelihara diwadah akuarium memiliki ukuran cm atau di bak yg di beri aerasi.

Sesudah dua minggu dari saat pembelahan induk, telah bisa di ketahui induk betina yg hamil dng langkah lihat ada daerah gelap di bagian belakang sirip anal serta perutnya sedikit membengkak. Induk ikan yg tak hamil di ambil serta dimasukkan kedalam wadah pemeliharaan induk, sesaat induk yg hamil dilewatkan dikumpulkan atau dikumpulkan ke wadah yg lain.

Pemeliharaan serta Pendederan Anak Guppy
Jumlah anak Guppy dari tiap-tiap kelahiran berkisar pada 50-200 ekor dng perbandingan type kelamin lebih kurang 1 : 1. Anak ikan Guppy yg lahir dipisah dari induk supaya tak berlangsung persaingan dlm memperoleh makanan. Disamping itu, supaya induk tsb memperoleh makanan yg cukup hingga kehamilan keduanya bisa membuahkan anak dng jumlah yg optimal.

Anak ikan yg baru lahir belum memerlukan makanan. Sesudah berusia 1 hari, anak ikan di beri makan naupli Artemia atau kutu air yg kecil. Pemeliharaan anak ikan Guppy baiknya di ruangan yg dapat terkena cahaya matahari supaya warnanya cemerlang. Wadah pemeliharaan anak ikan bisa berbentuk bak beton atau bak plastik yg cukup luas yg dilengkapi dng sistem aerasi. Perubahan air dikerjakan tiap-tiap dua hari sekali sejumlah 20-30% volume wadah pemeliharaan.

Seleksi type kelamin bisa dikerjakan sesudah anak ikan Guppy berusia 1bulan dng langkah lihat ciri kelamin sekundernya seperti sirip ekor lebih panjang, warna semakin bagus serta sirip anal yg runcing. Beberapa besar anak ikan betina yg dihasilkan dapat dijual atau dibuang serta sisanya bisa dipelihara selanjutnya utk jadikan calon induk.
Budidaya Ikan Guppy

Langkah Membuahkan Anak Guppy Seluruh Jantan

Teknik yg dapat dipakai utk membuahkan seluruh ikan Guppy jantan yaitu arahkan diferensiasi kelaminnya memakai hormon jantan (androgen) seperti methyltestosteron. Di karenakan ikan Guppy ini melahirkan anak serta diferensiasi kelaminnya berlangsung pada waktu tetap di dalam perut induknya, maka pemberian hormon yg dikerjakan pada waktu induk hamil. Dosis hormon yang didapatkan yaitu 2 mg/ l air perendaman dng lama perendaman 24 jam. Langkah pembuatan larutan hormon sama seperti pembuatan larutan hormon pd ikan cupang, yakni hormon dilarutkan terlebih dulu dng alkohol 70% serta setelah itu dicampurkan dng air yg dapat digunakan merendam. Pada tiap-tiap satu liter air yg telah di beri hormon bisa merendam 3 ekor induk yg telah hamil, baik pd hamil pertama ataupun pd hamil ke-2. Perendaman pada waktu hamil pertama dikerjakan sesudah 14 hari dari saat pembelahan pada induk jantan serta betina, namun perendaman hamil ke-2 dikerjakan sesudah 14 hari dari saat melahirkan pertama. Sepanjang aktivitas perendaman, kedalam air perendaman ikan terus di beri aerasi. Jumlah anak yg dihasilkan dari perlakuan tak tidak sama atau sama juga dengan ikan yg tak di beri hormon, serta anak yg dihasilkan bisa seluruh jantan (100%).

Langkah Menangani Penyakit pd Ikan Guppy

Penyakit yg umum menimpa guppy yaitu jamur. Butuh dimengerti jamur tumbuh dng langkah yg tidak sama dari bakteri. Jamur tumbuh dng spora serta senantiasa tumbuh dng keadaan spesifik. Mereka berkembang memiliki siklus spesifik berbentuk spora lantas beralih jadi organisme yg dimaksud miselium.

Jamur ini bisa berkembang biak amat cepat, berupa seperti benang/ ulir serta membentuk jaringan-jaringan seperti susunan yg tidak tebal. Namun bakteri yg biasa menyerang guppy yaitu mycobacterium piscium, juga sebagian pemicu yang lain.

Butuh di perhatikan utk lakukan penyembuhan dengan cara efisien mesti lakukan diagnosa yg akurat, hingga bisa menangani penyakit yg timbul. Penyakit yg umum menyerang ikan guppy yaitu :

Saprolegnia.
Tanda-tanda ikan yg diserang yaitu bercak-bercak putih pd kulit ikan. Perawatannya teteskan alkohol metapen dlm area sejumlah 2 tetes dlm satu galon air/ 4 1, 12) liter air. Tahap selanjutnya berikanlah garam serta biarlah sebagian waktu. Berikanlah hydrogen peroksida utk membunuh bakteri yg menempel pd jaring ikan sepanjang 15 hingga 30 detik. Atau dapat juga dipakai malachite green atau methyline blue atau acriflavin sbg disinfektan. Langkah perawatan ikan yg terkena infeksi bakteri baiknya di beri tambahan area sebelum saat menyembuhkan.

Penyakit Bengkak atau Bloat
Ikan terlihat gelisah, badan terlihat semakin besar di karenakan kembung. Ini dikarenakan di karenakan peradangan usus ikan. Isolasi ikan yg terkena, lalu masukkan ke dlm satu galon air yg sudah dibubuhi 2 sendok penuh garam Inggris. Biarlah sepanjang 4 atau 6 jam, lantas imbuhkan air sepanjang 12 jam. Sesudah pulih bisa dikembalikan ke area asal.

Jamur Mulut
Ciri ikan yg terkena jamur mulut gampang dipandang dari warna putih yg terdapat di depan mulutnya. Jamur putih tsb adalah koloni amat besar yg melekat pd mulut ikan, hingga menutup mulut ikan hingga tak dapat bernapas serta makan bisa mengakibatkan ikan mati. Penyembuhan memakai aureomycin 25 mg utk 1 galon air imbuhkan 1 tetes obat merah serta metopen 2 tetes.

Penyakit Insang
Ciri ikan yg terkena peradangan insang umumnya dikarenakan oleh organisme virus. Ciri pd penyakit ini insang buka, malas makan serta senantiasa diatas permukaan air. Penyakit ini dikarenakan oleh sebagian bakteri serta jamur serta sangat sukar utk diatasi.

Ciri ikan ini bila mati insangnya terlihat memerah serta membusuk lebih cepat dari badannya. langkah'>Cara-cara yg telah sukses dikerjakan yaitu memberikan metapen mercurochrome direndam sebagian waktu dengan cara berbarengan lantas kerjakan perawatan gunakan air garam serta berikan area yg semakin besar serta luas.

Penyakit Kembung

Tanda-tanda ikan yg terkena peradangan perut diantaranya ikan terlihat sukar berenang ke basic. Langkah menanganinya berikanlah 1 sendok teh garam Inggris setiap 1/ 2 liter air, serta rendam ikan sepanjang 3 hingga 4 jam, lantas pindahkan ikan ke dlm area yg ketinggian airnya 3 kali tinggi badan ikan. Tetap ada sebagian penyakit yg telah umum di ketahui, contohnya kutu atau jarum.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te