Langsung ke konten utama

Penyakit pada Ikan Koi


Penyakit pada Ikan Koi (miniaquarium) -Seringkali hobbies ikan hias alami problem di dalam pemeliharaan ikan hias yang karena bermacam type hama dan ragam penyakit. Hal ini karena kurangnya pengetahuan atau keterlambatan penanggulangan bisa juga karena ada kesalahan pemberian obat menyebabkan kematian ikan hias yang sangat anda sayangi.

Dengan garis besar penyakit ikan hias dapat di grupkan lantas tiga jenis pemicunya, yakni : parasit, bakteri, dan virus, tidak cuma disebabkan ikan hias alami stress yang berkelanjutan, teruma pada ikan hias yang mudah stess contohnya ikan koi.

Diantara penyebab dari penyakit ikan hias sering terjadi, yang amat beresiko yakni penyakit yang karena oleh virus, bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kematian kurun waktu singkat hanya di dalam satuan hari, dan mungkin saja wabah yang menyebabkan kematian massal jika ikan hias yang terjangkit tidak segera di karantina dan di obati.


Waktu lakukan pengobatan pada ikan hias yang sakit baiknya kita harus terutama dulu tahu jenis penyakit dan pemicunya sampai dapat dengan cocok berikanlah obat yang pas dengan penyakit yang terkena. Pemberian obat yang salah dapat mengakibatkan tentang yang fatal pada ikan hias terlebih dapat menyebabkan kematian pada ikan hias.

Dibawah ini yakni penyakit - penyakit pada ikan koi dan langkah mengobatinya :

1. Busuk sirip dan ekor
Penyakit ini disebabkan karena sejenis bakteri aeromonas hydrophylla. perlu diketahui bahwa bakteri jenis ini biasanya menempel dibagian tubuh ikan yang terluka sampai bisa menyebabkan infeksi yang dapat berkembang dengan sangat cepat.

Langkah mengobati :
Gunakan fenoksietanol, nitrofurazon/kloramin. campur ke-2 bahan tersebut sebanyak 1gr per 1 kg pakan

2. Jamur saprolegnia
Tanda utama bahwa seekor ikan koi terinfeksi penyakit ini yakni terdapatnya serabut sama kapas yang berwaran kehijauan. serabut ini karena oleh ada ganggang / alga pada air kolam.

Langkah mengobati :
Masukkan ke di dalam air kolam larutan 2 sendok makan abate ditambah dengan 4 sendok makan garam dapur untuk kolam yang berukuran 2 kali 3. Ulangilah hingga 3 - 4 kali sampai serabut yang ada pada tubuh ikan koi tersebut hilang

3. Cacing kulit
Penyakit ini karena oleh jenis cacing gyrodactylus sp. ciri - ciri koi yang terkena penyakit ini yakni koi selalu emnggosok - gosokkan tubuhnya ke benda - benda keras yang ada di dalam kolam

Langkah mengobati :
rendam koi ke di dalam 10 liter air yang telah diberi antiparasit layaknya malacite green 2% selama 10 menit

4. Kolumnaris
Penyakit yang karena oleh bakteri fexibacter columnaris ini buat mulut koi lantas tampak putih. penyakit ini popular cepat sekali emnular ke koi sehat yang lain

Langkah mengobati :
pisahkan koi yang telah terinfeksi penyakit ini. letakkan koi pada kolam yang diisi air bersih dan taburi garam sebanyak 10% dari jumlah volume air. sterilkan peralatn yang digunakan dengan larutan fenoksietanol atau bisa juga emnggunakan nifuropirinol

5. Dropsi
Ciri koi yang terinfeksi penyakit ini yakni sisik yang mengelupas dan ada pembengkakan pada jaringan tubuh koi sampai menyebabkan koi sulit berenang dan menyebabkan koi sesak nafas

Langkah mengobati :
Berikanlah larutan anti bakteri atau garam dapur pada kolam. jika pingin selanjutnya lebih optimal, kita bisa berikan asam oksilin yang dicampurkan pada pakan ikan koi.

6. Katarak
Jika mata ikan anda ada selaput abu-abu atau putih, maka mungkin ikan anda mengidap katarak. ada sejumlah perawatan yang khusus dibikin untuk katarak terhitung aquatronics dan eye fungex. kuncinya yakni meyakinkan level amonia dan nitrit pada batas yang dapat diterima. karena katarak pada ikan berjalan karena perubahan jamur, maka meneteskan fungisida ke di dalam akuarium bisa sangat bermanfaat.

7. Infeksi bakteri eksternal
Jika ikan koi anda menderita infeksi bakteri eksternal, maka bisa terlihat titik merah atau orange pada tubuh ikan. Selain itu, mungkin dapat terlihat adanya pembengkakan atau garis putih dan abu-abu pada tubuh ikan. Untuk masalah ini, dapat menggunakan asam naladixic,penisilin atau tetrasiklin. Untuk perawatan lain yang cukup efektif yakni garam. walau sulit terdiagnosis, jika anda tengok ada coretan pada tubuh ikan, anda harus segera kerjakan perawatan pada ikan anda.

8. Penyakit velvet
sinyal tanda penyakit velvet yakni titik putih kecil yang terlihat layaknya bubuk. penyakit ini juga disebut oodinium, sama dengan ich walau kantong putih pada penyakit ini berukuran lebih kecil. berita baiknya yakni penyakit velvet lebih mudah pulih daripada ich, pakai obat maracide atau super velvet.

9. Myxobacteriosis
Sinyal tanda penyakit ini meliputi percikan hitam pada sirip dan tubuh ikan. selain itu, seluruh tubuh ikan lantas menggelembung, atau hanya menggelembung pada area percikan. cuma satu obat-obatan yang berhasil mengatasi myxobacteriosis yakni phenocide. penyakit ini jarang berjalan tetapi mudah pulih. penyebab myxobacteriosis yang amat umum yakni terlalu banyak ikan di dalam akuarium, mutu air yang buruk, terutama jika kandungan amonia dan nitrit sangat tinggi.

10. Penyakit black spot
Ikan yang menderita penyakit ini bisa terlihat titik hitam kecil pada tubuhnya. dengan umum, penyakit ini mudah pulih.Yang paling diperhatikan adalah ketika memasukan ikan baru ke dalam aquarium maka harus dikarantinakan dahulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te