Langsung ke konten utama

Setting Aquarium Air Laut



Setting Aquarium Air Laut (miniaquarium) - Terkadang kita berasumsi bahwa akuarium air laut beserta berisi lebih mahal dari pada akuarium air tawar, perihal ini tidak seutuhnya benar. Ikan air laut ( dan penghuni laut yang lain ) dengan justru lebih murah di banding dengan ikan air tawar. lho koq dapat ?, kenapa demikian?,yakni karena ikan laut tidak butuh dibudidayakan namun tinggal dipanen saja. Dikarenakan di habitat aslinya sana ikan hias laut dapat lebih cepat berkembang daripada dibudidayakan.

Nilai kemahalan bisa berjalan pada saat anda kerjakan penentuan pada peralatan pendukung. Karena peralatan ini bisa mempunyai kisaran harga dengan rentang variasi harga bisa besar. Walau demikian buat mereka yang senang merakit peralatan sendiri, penekanan biaya bisa ditangani dengan baik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memelihara akuarium laut memerlukan perhatian lebih di banding memelihara akuarium air tawar, karena layaknya diketahui air laut yaitu “larutan kimia” yang terdiri dari bermacam jenis bahan terlarut dengan kandungan yang relatif tinggi. Oleh karena itu, sering diterangkan bahwa keberhasilan waktu memelihara akuarium laut sangat ditentukan oleh pengetahuan perihal cii-ciri kimia air laut dan waktu yang dapat diluangkan untuk merawatnya.

Waktu memelihara aquarium laut alangkah baiknya diawali dengan gagasan yang baik. Awalilah dengan merancang tema yang bisa dihadirikan. anda bisa memastikan pada memelihara akuarium ikan saja, akuarium koral saja, atau akuarium paduan pada keduanya. masing-masing memiliki persyaratan yang relatif berbeda.

Satu tentang yang perlu lantas perhatian, yaitu bersabarlah waktu mengawali membangun akuarium laut. setelah anda meyakinkan tema dan menyusunnya dan setelah anda mengisinya dengan air laut biarlah akuarium laut tersebut sekian waktu mungkin kurang lebih 4 hari -1 minggu agar airnya normal dan untuk membentuk ekosistem yang stabil. Jangan sampai buru-buru memasukan mahluk hidup apapun sebelum akan anda meyakini keseimbangan ekosistemnya telah terjalin dengan baik. Jauhi berjalannya “new tank syndrome”, sampai anda tidak butuh kecewa. untuk pemula sebainya tetapkan ikan yang cukup kuat layaknya damshell, nemo, atau dakocan. Mungkin apabila ada ikan balongan ( clown fish ) bisa dimasukkan dengan jumlah yang terbatas. dan di dalam penggunaan pakan bisa menggunakan cacing sutra atau udang rebon beku.


Peralatan utama aquarium laut :

Aquarium. 
ukuran yg baik itu sedikitnya 1 mtr., tetapi bila akan bikin aqua imut juga dapat.

Sump / refugium ( filter ). 
sump itu sesungguhnya satu area penampungan air dari aqua utama untuk dibersihkan dari kotoran ( dgn skimmer ), di netralkan kandungan amoniaknya ( dgn pertolongan skimmer, bioball, dan sebagainya ), diturunkan kandungan nitratnya ( dgn bakteri atau denitrator ), dan di dinginkan suhu airnya ( dgn chiller ). selain itu di dalam sump itu sendiri biasanya ada satu area yg bertindak sebagai refugium yg datang dari kata refugee atau pengungsian, lalu bertindak sebagai area penampungan sesaat atau area lakukan perbaikan mutu air atau bisa juga area penampungan / stabilisasi ikan atau coral yg baru dibeli. di dalam refugium itu bisa ada live rock dan pasir laut.

Skimmer
Untuk mengangkat lemak dan kotoran yg ada di dalam air laut yg bisa mengakibatkan tingginya kandungan amoniak, nitrit dan nitrat dgn langkah buat air laut itu lantas buih atau busa halus, lalu kotoran yg terjerat di dalam buih2 tersebut bisa di buang ke area penampungan.

Calcium reactor
Bertindak sebagai supply kandungan kalsium ke di dalam air laut, karena air laut membutuhkan kandungan kalsium yg tinggi untuk perubahan coral atau binatang laut yang lain.

Coil denitrator
Bertindak menetralkan kandungan nitrat yg beresiko untuk seluruh mahluk laut yg ada di aquarium tersebut.

Chiller
Bertindak untuk turunkan / mendinginkan suhu air laut di aquarium, krn sebagian besar coral dan ikan laut membutuhkan suhu yg cukup dingin untuk kehidupannya.

Pompa air
Bertindak untuk mengembalikan air dari sump ke aqua utama, pompa juga dibutuhkan oleh skimmer, lalu bisa dikatakan kepentingan bisa pompa bisa semakin lebih 1 buah di dalam 1 aquarium.

Lain-lain :
Contohnya : ph / kh tester, calcium tester, amoniak/nitrit. nitrat tester, thermometer, salinity tester, tambahan bahan kimia yang lain sebagai supplemen mineral ke di dalam air laut, bioball, bakteri starter.
Lampu
Lampu melakukan tindakan sangat mutlak untuk coral dan mahluk lain untuk berfotosintesis. Lampu yang bagus untuk aqua laut yakni lampu yg bisa menirukan sinar matahari dgn ukuran 10 ribu sampai 20 ribu derajat kelvin.

Waktu menyiapkan akuarium laut, dibutuhkan kesabaran yg cukup supaya selanjutnya pas dgn yg kita kehendaki. Sisi yang butuh ditangani yakni :

Dekorasi dan pemasangan peralatan.
  • Masukkan pasir laut kasar setebal 1-3 cm ke basic aquarium, lalu dilapisi dgn pasir laut halus setebal 2-3 cm.
  • Masukkan live rock atau karang hidup lalu susun pas dekorasi yg di idamkan.
  • Lalu isikan air laut dengan perlahan-lahan agar pasir tidak berhamburan kacau balau. sampai air penuh mendekati bibir aquarium.
  • Siapkan aquarium sump yg posisinya ada dibawah aquarium display ( utama ).
  • Lalu pakai semua perlengkapan, layaknya skimmer, bioball, denitrator, calcium reactor dan chiller.
  • Tambahkan juga pasir laut dan liverock di dalam refugium. bisa juga ditambah rumput asam yg bertindak untuk turunkan amoniak/nitrat dengan alami.
  • Jangan sampai lupa meletakkan lampu, karena peran lampu itu sangat mutlak.

Recycling

Apabila air laut sudah dimasukkan ke aquarium, maka sesudah itu perlu ditangani cycling yang memiliki tujuan bersihkan air laut dari kotoran dan zat kimia beresiko dan juga untuk menumbuhkan kehidupan layaknya plankton, copepod dan bakteri yg dibutuhkan untuk ekosistem air laut. jangan sampai memasukkan mahluk hidup apa pun selama sistem cycling. untuk mempercepat sistem perubahan bakteri, ada juga yang berikan bakteri hidup ( mis. bactopur ) ke di dalam sump dibagian bioball, dimana bioball itu sesungguhnya yaitu area berkumpulnya bakteri pengurai.

Cycling ditangani dgn langkah menggerakkan aliran air dari aqua utama ke sump diimbangi dgn menggerakkan perlatan yang lain layaknya calcium reactor dan denitrator dan apabila menurut teori cycling harus ditangani terus menerus selama kurang lebih 1 bln. lamanya, tetapi pada prakteknya ada yg menggerakkan cycling hanya 2 minggu atau terlebih 1 minggu.
tujuan menggerakkan sistem cycling itu juga sesungguhnya untuk menghidupkan lingkaran sistem penguraian amoniak, nitrit dan nitrat oleh bakteri pengurai.

Lingkaran prosesnya yakni : amoniak itu biasanya dihasilkan oleh kotoran atau sisa2 makanan yg membusuk yg diurai oleh bakteri sampai membuahkan amoniak, lalu amoniak ini juga diurai oleh bakteri sampai membuahkan nitrit, lalu nitrit itu juga diurai lagi oleh bakteri pengurai nitrit sampai membuahkan nitrat yg beresiko buat kehidupan di aqua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te