Langsung ke konten utama

5 Jenis Ikan yang Disebut Ikan Naga


5 Jenis Ikan yang Disebut Ikan Naga (miniaquarium) -Kerap Sekali banyak penduduk menyebutkan ikan naga dari ciri fisiknya. ikan-ikan tsb memanglah mempunyai sebagian ciri khas dari naga. inilah 5 type ikan yg kerap dimaksud ikan naga :

1. Ikan Palmas
Ikan Palmas, adalah ikan yg tergolong dlm Family Polypteridae (Bichir), ertinya ikan bersirip banyak. Ikan Palmas dimaksud ikan naga di karenakan serupa benar dng ular naga dlm legenda Tiongkok. Ikan ini terhitung ikan primitif serta kerap dikatakan sebagai " snake like fish " (ikan serupa ular).

palmas 

Palmas adalah di antara type ikan purba/ jurasic fish. Penyebaran yaitu di Afrika Barat. Palmas yaitu ikan pemangsa (predator), carnivora. Ikan ini memiliki kekuatan utk mengambil hawa dng alat yg sudah termodifikasi sedemikan rupa mirip paru-paru, selain itu ia dapat utk merayap di atas tanah gunakan sirip dadanya yg kuat. Oleh itu utk mememihara palmas dinasihatkan supaya tutup bekas dng baik utk menghindar ikan tsb hilang/ melompat.

2. Ikan Hamster
Axolotl (Ambystoma mexicanum) yaitu type salamander yg menggunakan hidupnya dlm wujud larva. Binatang eksotis nan unik ini terkadang dikatakan sebagai " Ikan Jalan Meksiko " di karenakan ia tampak seperti ikan yg mempunyai tangan serta kaki. Tetapi, Axolotl sesungguhnya tak sejenis ikan, namun sejenis salamander yg ditemukan di Mexico City. 

axolatl


Panjang Axolotl dapat meraih 30 cm, tetapi ukuran rata-rata cuma 15 cm. Warna tubuh mereka pirangan kehitaman atau cokelat rata-rata serta semakin banyak yg albino dng warna pink. Hewan lucu ini mempunyai insang yg ada diluar tubuhnya. Insang tampaknya ada di samping kepalanya hingga sekilas tampak seperti tanduk. Orang Timur kerap menciptakan sbh fantasi yg terkait dng legenda naga, hingga mereka kerap dikatakan sebagai ikan naga. Axolotl kadal terhitung yg mempunyai usia panjang, Axolotl dapat hidup hingga 10-15 th. serta bisa tumbuh sampai 60cm, apalagi ada yg dulu menangkap ekor Axolotl raksasa di pedalaman Meksiko yg s/d 1, 4 mtr., penemuan itu betul-betul mengejutkan, tetapi sesudah hati-hati oleh beberapa pakar itu cuma kondisi abnormal yg jarang berlangsung (gigantisme)

3. Ikan Arwana
Arwana terhitung famili ikan " karuhun ", yakni Osteoglasidae atau famili ikan " bony-tongue " (lidah bertulang), di karenakan sisi basic mulutnya berbentuk tulang yg berperan sbg gigi. Arwana memiki beragam julukan, seperti : Ikan Naga (Dragon Fish), Barramundi, Saratoga, PlaTapad, Kelesa, Siluk, Kayangan, Peyang, Tangkelese, Aruwana, atau Arowana, bergantung dari tempatnya.

arwana

Wujud serta tampilan arwana terhitung cantik serta unik. Tubuhnya memanjang, ramping, serta " stream line ", dng gerakan renang amat anggun. Arwana di alam memiliki variasi warna seperti hijau, perak, atau merah. Pada bibir bawahnya ada dua buah sungut yg berperan sbg sensor getar utk tahu posisi mangsa di permukaan air. Sungut ini terhitung dlm persyaratan penilaian keindahan ikan.

Di alam mereka berenang di dekat permukaan utk berburu mangsa. Arwana bisa terima semua type pakan utk ikan karnivora, namun kerapkali mereka jadi amat suka di antara type pakan saja, serta menampik type yang lain.

4. Ikan Arapaima
Terhitung kerabat dekat dng arwana, arapaima Amazon yg terkadang dikira sbg ikan air tawar paling besar didunia. Menurut gambaran awal, ikan ini dapat tumbuh sampai 4, 5 mtr. panjangnya, namun saat ini, individu-individu yg amat besar seperti ini jarang ditemukan serta rata-rata arapaima dewasa yg ditemukan hanya yg panjangnya 2 meteran. Predator ini bergerak lambat serta mengonsumsi ikan kecil, serta apapun yg kecil yg dapat muat dimulut mereka. Sbh ciri menarik dari ikan ini yaitu bahwasanya mereka butuh oksigen dari hawa, utk bertahan hidup. 
arapaima

Arapaimas tak beresiko untuk manusia serta kerap diburu utk daging mereka, sayangnya, mereka amat langka sekarang ini. Walau arapaima tampaknya nampak di saat Miosen, namun mereka masuk famili yg tambah lebih tua, yakni Osteoglossidae, serta asal-usulnya bisa dikilas balik kembali ke zaman dinosaurus.

5. Oarfish
Oarfish terhitung ke dlm family Regalecidae yg mempunyai empat spesies. Di antara spesies, Regalecus Glesne, dulu masuk ke dlm Guinnes Book of World Record di karenakan dulu ditemukan seekor yg hidup dng panjang tubuh sampai meraih 11 mtr. (36 kaki). 

oarfish

Ikan ini mempunyai sirip tunggal berwarna merah serta terhitung ikan yg penyendiri. Tetapi saat ikan ini tengah sakit atau sekarat, kelihatannya sang penyendiri ini tidak mau mati dlm kesepian. Jadi ia naik ke atas permukaan laut serta bertahan disitu sampai mati. Barangkali utk menarik perhatian beberapa pelaut, atau cuma pingin memandang matahari utk paling akhir kalinya. Beberapa pelaut masa lalu barangkali sudah lihat ikan ini di permukaan serta mempersepsikannya sbg monster laut. Contohnya, pd th. 1860, saat seekor Oarfish selama 5 mtr. terdampar di pantai Bermuda, beberapa masyarakat lekas mengkaitkannya dng monster laut yg legendaris.

Sebagian ilmuwan yakin bahwasanya besar kemungkinan ada Oarfish yg ukurannya melebihi 11 mtr.. Tetapi hingga saat ini belum ada yg membuktikanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te