Langsung ke konten utama

Cantiknya Si Jenong Frontosa

Si Jenong Frontosa
  
Cantiknya Si Jenong Frontosa | Mini Aquarium -Di kelompok peminat ikan hias, nama Frontosa mungkin saja tak ‘se sexy’ arwana, koi, atau discus. Barangkali hingga saat ini belum ada yang namanya festival ikan Frontosa, serta tetap sedikit info yang ada perihal ikan yang satu ini. Kehadirannya yang hampir tak ketahuan diantara beberapa jenis ikan hias lain, seakan melukiskan sifatnya yang pendiam serta terkesan malas. Frontosa yaitu bhs latin yang berarti si Kepala Besar. Nama lengkapnya yaitu Cyphotilapia Frontosa. Cypho berarti Nongnong/Jenong serta Tilapia berarti ikan. Ikan ini aslinya datang dari danau Tanganyika di Afrika yang disebut danau air tawar ke-dua paling besar didunia sesudah danau Toba di Indonesia. Ikan hias yang setelah itu di kenal dengan nama Frontosa ini ukuran badannya bisa meraih 15 inci (38 cm), cukup besar untuk ukuran ikan hias. Maka tidak heran bila akuarium yang diperlukan untuk ikan berwarna biru metalik ini ukurannya juga mesti besar (sekurang-kurangnya ukuran 70 galon). Bila diurus dengan baik, Frontosa bisa meraih umur 15 th.. Air untuk habitat Frontosa mesti mempunyai derajat keasaman yang cukup (PH pada 7, 8 – 8, 5) dengan suhu 22-28 derajat celcius.

Prospek usaha ikan ini tergolong cukup menjanjikan. Hal semacam itu terlebih lantaran belum beberapa orang yang mengembang biakkan ikan ini serta keinginan pasar ekspor cukup menjanjikan baik volume ataupun harga nya. Di tangan eksportir, konon harga seekor Frontosa dewasa type Burundi dapat meraih 1-1, 5 juta per ekor. Sedang dari tangan peternak, seekor bibit berusia 1 bln., bisa di jual dengan harga Rp 5. 000 – Rp 8. 000. Seseorang peternak yang mempunyai 150 ekor induk, dapat membuahkan kurang lebih 500 ekor anak Frontosa per bln.. Bila dikalikan, sekurang-kurangnya peternak dapat membuahkan Rp 2. 500. 000 per bln.. Janganlah di tanya bila anda dapat mengekspor segera ke Negara yang memerlukan, harga nya dapat berulang-kali lipat. Induk frontosa dapat bertelur pada 30-40 telur tiap-tiap 3 bln. sekali, serta selalu produktif mulai usia 3 hingga 7 th..

Bila anda punya niat berternak frontosa, pertama mesti mempersiapkan modal untuk beli indukan sekurang-kurangnya 1 set terbagi dalam 4 betina serta 1 jantan. Utamakan yang macamnya laris di market, yakni type Burundi. Harga marketnya meraih 1 juta per ekor indukan. Jadi bila beli 1 set indukan sekurang-kurangnya mesti siap kocek 5 juta. Untuk memperolehnya, anda dapat memperoleh di banyak peternak di Indonesia, atau mengimpor segera dari Singapura. Untuk bak akuarium, siapkan sekurang-kurangnya 5 akuarium besar. 1 untuk kawin serta serta 4 yang lain untuk pembesaran. Kurang lebih anda mesti siap 5 juta lagi.

Karakter, Warna, serta Panduan Sekitar Pemeliharaan Frontosa

1. Pastikan Aquarium yang memanjang, bukan hanya meninggi supaya frontosa bisa lebih leluasa berenang

2. Pakai kerikil halus atau pasir untuk basic akuarium, janganlah pakai kerikil besar terlebih yang ujungnya tajam. Hal semacam ini lantaran frontosa waktu merasa takut bakal benar-benar agresif serta berenang terbirit-birit tidak karuan, hingga di kuatirkan bakal menabrak-nabrak kerikil serta bisa melukai badannya.

3. Siapkan sebagian gua untuk area sembunyi frontosa, lantaran ikan ini cukup pemalu serta penakut.

4. Tiap-tiap ornamen batuan yang anda tempatkan di akuarium mesti terpasang dengan kokoh (tak gampang bergerak), lantaran frontosa dengan ukuran badannya yang besar serta kuat, waktu bergerak bisa menabrak batuan yang besar sekalipun, yang bisa mengenai kaca akuarium hingga retak.

5. Frontosa juga tak sukai banyak gerakan didalam air (air yang bergerak), hingga anda mesti waspada memakai filter serta pompa air. Di samping itu gerakan air yang terlalu berlebih dapat juga kurangi jumlah serta mutu sperma frontosa jantan.

Si Jenong Frontosa
6. Makanan frontosa di habitat aslinya terbagi dalam ikan-ikan kecil. Namun dapat juga di beri makan cacing, krill, udang, pelet, dan lain-lain. Baik hidup ataupun beku. Namun butuh di ketahui, untuk Frontosa memiliki ukuran besar kian lebih 5 inci (12 cm) tidak ingin makan makanan yang serpihannya terlampau kecil serta lembut. Barangkali kurang menantang ya?

7. Type ikan yang lain yang bisa dikumpulkan dengan frontosa yaitu Clown Loaches (ikan bersungut sejenis Botia) yang memiliki ukuran seimbang, atau ikan Plecos (ikan sapu-sapu).

8. Pada prinsipnya frontosa ikan yang benar-benar malas serta lesu. Namun bakal jadi benar-benar aktif bila takut!. Mereka juga ikan semi nocturnal atau bakal lebih aktif waktu malam hari atau situasi gelap dengan pencahayaan sedikit.

9. Frontosa juga sejenis social-fish, sukai berkelompok. Itu berarti janganlah memelihara frontosa sendirian dalam akuarium. Sekurang-kurangnya peliharalah 4 ekor dalam satu akuarium supaya mereka dapat bersosialisasi.

10. Frontosa mempunyai warna badan putih atau biru dengan 6 atau 7 pita vertical berwarna lebih gelap.

11. Frontosa tumbuh cukup lamban yakni 3-4 th. untuk jadi mature serta dapat kawin, bertelur, serta berkembang biak.

12. Ciri frontosa jantan yang siap kawin yaitu warnanya jadi biru serta pada betina kandung telur bakal menonjol.

13. Untuk mengawinkan frontosa, rasionya yaitu 4 betina serta 1 jantan. Sistem pembuahan telurnya yaitu si jantan melepas sperma di air, lalu sang betina bakal melepas telur-telurnya ditempat ada sperma, kemudian telur-telur yang sudah bercampur sperma bakal dihimpun kembali ke dalam sang betina. Betina mengerami telur itu dalam mulutnya sepanjang 5 minggu. Serta sepanjang itu, betina umumnya tak makan atau sedikit saja makan. Janganlah cemas ini normal.

14. Saat inkubasi yaitu 4-5 hari serta tiap-tiap telur yang dibuahi bakal menetas. Telur yang sukses menetas pada 20-80 buah serta lekas jadi ikan kecil. Betina bakal memasukkan anak-anaknya ke dalam mulutnya lagi bila merasa ada bahaya.

15. Bila anak-anak itu tak akan disimpan induknya dalam mulutnya, anak-anak frontosa tadi mesti dipisahkan ke bak lain untuk perkembangan. Lantaran bisa-bisa induknya bakal mengonsumsi anak-anaknya lantaran diduga makanan.

16. Waktu dewasa, nampak sejenis benjolan atau ‘punuk’ di jidat/kepala frontosa hingga tampak jidat frontosa tampak nongnong.

Nah, lantaran prospek yang cukup cerah serta perkembangbiakannya cukup gampang serta tak terlampau rumit, kelihatannya beternak frontosa cukup layak untuk dikerjakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te