Langsung ke konten utama

Ikan Asli Indonesia : Ikan Sumpit


ikan sumpit

Ikan sumpit | miniaquarium - Memanglah istimewa, semburannya dapat menjatuhkan mangsa yg ada diatas permukaan air. Ikan ini banyak ditemukan di Sumatera serta Ujung Kulon juga ada, lingkungan hidupnya di daerah payau.

Tidak serupa dengan ikan hias lain yg menarik dikarenakan warna serta wujud tubuhnya, ikan sumpit ngetop justru oleh keahliannya " menembak " serangga santapannya dengan menyemprotkan air dari mulut. Maka itu ia dimaksud ikan sumpit.

Warna badannya, putih keperakan, berhiaskan 6 (enam) garis hitam tegak yg menyelimuti punggungnya. Wujud badannya pipih dengan sirip ekor lebar. Yang bikin agak cantik, barangkali warna hijau kekuningan yg membias di bagian ekornya. Enam garis hitam yg hiasi punggungnya di awali dari mata sampai ke sisi ekor. Hitamnya tidak sama pada ikan yg satu dengan yang lain. Ada yg demikian pekat nampak serta ada yg cuma samar-samar.

Ikan Asli Indonesia

Ikan sumpit (Toxotes jaculator) ini ialah hanya satu spesies dari genus Toxotes, family Toxotidae, dari ordo Permocorphoidei. Ikan ini banyak ditemukan di Sumatera berbarengan ikan botia serta ikan yang lain. Di ujung Kulon, di sungai Handeleum, ditemukan juga ikan ini. Menurut pembicaraan banyak pedagang dibanyak sentra penjualan ikan hias, ada masalah beroleh ikan sumpit dikarenakan sejauh ini pengadaannya tetap memercayakan tangkapan dari alam, namun hasil budidayanya belum ada. Di alam aslinya, mereka bisa tumbuh sampai mempunyai ukuran 22, 5 cm atau juga lebih. Tapi yg umum ditemukan di akuarium-akuarium penggemar ikan hias, panjangnya lebih kurang 5 - 7, 5 cm. Hingga saat ini belum didapati pada ukuran serta usia berapakah ikan sumpit mulai kawin. Juga beberapa ciri perbedaan kelaminnya juga sampai waktu ini tetap teka teki. Di alam, ikan sumpit beroleh makan dengan menembak mangsanya memanfaatkan peluru air yg dilontarkan dari mulutnya. Mereka mengincar serangga air, seperti lalat, laba-laba serta mahluk kecil yang lain yg berkeliaran di sekitar permukaan air.

ikan sumpit

Karakter dalam Memangsa
 
Waktu memandang mangsa, ia mulai menyatukan air dalam mulutnya yg kecil tetapi berongga panjang. Lalu ia mengambil ancang-ancang untuk membidik mangsanya itu, dengan membuat perubahan posisi berenangnya yg awal mulanya mendatar jadi hampir tegak lurus. Serangga yg terkena di sembur umumnya jatuh, dikarenakan basah, sebelum saat pernah sadari apa yg lagi tengah berjalan, ia telah disambar dengan mulut ikan sumpit. Sambaran secepat kilat kadang waktu di jalankannya juga waktu mangsa tetap melayang di hawa.



Tapi kerap ikan sumpit justru yg kecewa, dikarenakan serangga buruannya jatuh di luar akuarium area pemeliharaannya. Andaikan demikianlah selamatlah si serangga, cuma saja ia harus menanti hingga badannya kering sebelum saat dapat terbang lagi.

Kebolehan ikan sumpit saat melepaskan peluru air memanglah telah tenar di semua dunia. Dalam suatu pameran di Thailand ikan ini bisa menembakkan air sejauh 90 - 120 cm. Serta di New York, dua ekor ikan sumpit menembak seekor kecoak sejauh 150 cm.

Rutinitas ikan sumpit menembakkan air mulai keluar dari muda, tetapi cuma sejauh sebagian inci saja. Jadi lebih dewasa, kapabilitas menembaknya meningkat. Tembakkannya tambah pas serta kuat.

Anda juga dapat beroleh hiburan yg menyenagkan bila anda pelihara ikan sumpit dewasa berbarengan sumpit muda. Tingkah si sumpit muda yg pengen menyamai hasil tembakan sumpit dewasa kelihatan lucu sekali. Tidak selamanya ikan sumpit menembak mangsanya dengan pas, di alamnya juga begitupun. Biasanya mereka gagal menyumpit mangsanya dikarenakan goyangan daun atau gerakan dari mangsa itu sendiri. Tapi demikian tembakan pertama gagal, secepat itu juga sumpit dapat isi mulutnya serta menembak kembali berturut-turut sampai mangsanya jatuh.

Dengan wujud tubuhnya yg runcing di sebelah depan serta badan yg amat langsing, ikan sumpit bisa bergerak gesit. Segesit kalau ia merasa butuh untuk meloncat di hawa menyambar mangsanya.
 
Perawatan

Akuarium yg berair jernih saja belumlah cukup untuk bikin ikan ini betah serta bisa bertahan hidup. Air mesti dijaga biar terus bersuhu 26 - 28 derajat Celcius, maka itu ialah kisaran suhu optimalnya. ke dalam akuarium butuh ditambahkan garam krosok (tiada yodium) sejumlah 2 (dua) sendok teh untuk tiap-tiap 10 liter air, mengingat mereka datang dari daerah sungai dekat pantai yg berair payau. Tapi seperti halnya guppy (Poecilia reticulatus), mereka juga dapat diadaptasikan di air tawar. Cuma saja, kelangsungan sistem pengembangbiakannya belum diketahui.
 
Ikan sumpit mestinya di beri makan jentik-jentik nyamuk atau kutu air. Makanan ini amat disukainya. Dapat juga mereka diberikan belalang kecil yg telah diputus kakinya atau serangga yang lain yg telah mati.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te