Langsung ke konten utama

Tips Memilih Ikan Koi yang Bagus


ikan koi


1. Panduan Beli Koi
Saat kita bakal beli koi yang pertama mesti di perhatikan yaitu area/fasilitas penjual itu, apakah mereka memakai sistem filtrasi yang benar? uji penjual dengan berikan pertanyaan tentang tehnik karantina, type/varietas koi, keunggulan serta kekurangan koi yang mereka menawarkan. jika koi yang mereka menawarkan menunjukkan tanda-tanda kurang sehat, janganlah ambillah efek untuk beli. Banyak penjual koi yang belum mengerti tehnik karantina, penyembuhan, serta mengerti type/varietas koi. megapa kita mesti cermat? jika ikan yang kita beli berusia pendek atau cuma untuk menularkan penyakit, buat apa kita buang2 saat serta duit?

2. Mutu Koi
Mutu koi sebenarnya susah dilukiskan dengan kalimat. Mutu yang tinggi adalah kombinasi pada beberapa warna putih, merah, hitam, serta wujud tubuh dengan cara total. Satu kecen-derungan untuk menilai koi lebih yang besar, tiada melepas persyaratan warna tubuhnya, yaitu benar-benar mutlak.

Mutu koi sama dengan tiap-tiap poin yang berlaku didalam penjurian perlombaan koi. Wujud tubuhnya, warnanya, pola warna, serta keanggunan-nya benar-benar erat hubungan dengan mutu koi. Memperoleh mutu yang bagus yaitu satu hal yang benar-benar kita inginkan. Serta pastilah koi demi-kian bakal memperoleh nilai yang tinggi jika diikutkan dalam perlombaan. Yaitu salah besar jika kita Sampai kini cuma berasumsi bahwasanya nilai seekor koi cuma ditetapkan oleh pola warna tubuhnya maupun dari besarnya saja.

Dengan tahu mutu koi, kita dapat mem-perkirakan harga nya. Berarti, Bila koi yang akan kita beli betul-betul bagus, tak salah jika kita mesti keluarkan duit sampai jutaan rupiah. Nilai sebesar itu pasti untuk tidak seekor koi yang rendah kualitasnya. Janganlah lagi kita jadi korban i dari keisengan pedagang yang tawarkan seekor i ikan mas lauk yang sekalipun besar serta wujud ba-dannya bagus, dengan harga seekor koi. Atau Sebaliknya, Jangan sempat kita bertahan dengan harga yang rendah saat nienawar seekor koi berkwalitas sempurna. Lantaran hal semacam ini sesungguhnya cuma bakal mene-lanjangi kita, lantaran kebodohan kita bakal tampak oleh beberapa pedagang. Bila pedagang hadapi penv beli yg tidak tahu, mereka jadi bakal mengerjai atau juga segan melayani konsumen berkon-sultasi.

1. Pola Warna Koi
Seluruh sinyal tanda dalam badan koi sebaiknya seimbang. Sisi putih pada mulut serta sisi ekor paling mutlak. Kepala yang membuat huruf semestinya ideal, namun yang berupa unik yang kerap diperlukan. Dua sisi sebagai pusat penilaian yaitu sisi kepala serta bahunya serta daerah ekor. Daerah kepala serta punggung tambah lebih mutlak dibanding daerah ekor. Warna merah pada kepala mesti lebar serta tegas. Garis putih pada leher benar-benar diinginkan sekali pada seekor Kohaku. Pada daerah ekor yang benar-benar diinginkan yaitu warna putih yang bersih, tak kehitam-hitaman. Pola warna yang keiihatan berat pada daerah ini sungguh tak diinginkan. Warna merah yang buram umpamanya, benar-benar tak diinginkan ada pada daerah ini.
ikan koi
2. Warna Koi
Warna koi yang dikira bagus yaitu yang betul-betul cemerlang. Berarti Bila dalam seekor koi ada warna putih, maka putihnya mesti betul-betul putih tidak ada gradasi kehitam-hitaman. Demikianlah juga Bila pada koi ada warna merah, maka merahnya mesti mencolok, tak bisa kemerah-merahan. Hitam juga demikianlah. Inilah yang kerap digunakan untuk membedakan pada koi lokal dengan harga lokalnya dibanding koi impor dengan harga nya yang selangit. Koi lokal biasanya warnanya belum prima benar, lain dengan koi impor yang telah tak diragukan lagi.

Tak hanya gradasi warna, bercak atau titik yg tidak " layak " tak bisa ada. Umpamanya saja di bagian tubuh yang berwarna putih bersih tak bisa ada setitik juga warna merah atau warna hitam. Tiap-tiap warna mesti terpisah dengan cara riil, serta tiap-tiap memiliki hidang yang tidak sama. Pada warna merah, putih, hitam, serta warna lain mesti terpisah serta tak bisa bercam-pur. Bintik putih juga tak bisa ada pada bidang yang berwarna merah maupun hitam. Bila kita dapatkan koi yang badannya diselimuti selaput putih, itu adalah tandanya bahwasanya koi tengah ke-dinginan.

3. Wujud Tubuh Koi
Wujud tubuhnya dapat dipandang waktu koi berenang, lantaran wujud tubuh yang prima bakal punya pengaruh segera pada style berenangnya. Demikianlah juga Sebaliknya. Meskipun seekor koi memiliki corak warna yang benar-benar indah serta montok, namun Bila sirip-nya tak lengkap, koi itu dinilai buruk. Meskipun tak mutlak, Baiknya ke-2 segi tubuhnya simetris. Serta mesti diingat, seekor induk betina yang tengah " memiliki kandungan " perutnya lebih buncit. Ini Janganlah disalahartikan bahwasanya ikan koi itu perutnya tak normal. Mesti diingat juga, ada dua wujud tubuh yang abnormal yakni : cacat serta kurang makan. Bila seekor koi tidak bersirip atau mata-nya hilang sebelah, jelas koi itu cacat serta Janganlah sekali-kali diambil meski di jual murah. Tetapi Bila ada koi berperut buncit di satu diantara segi tubuhnya, atau ada suatu rongga kecil pada kepalanya, bila kita berkeinginan koi seperti itu bisa di ambil, dengan harga miring pasti!

Dengan cara rinci, wujud tubuh yang perlu di perhatikan yaitu sebagai berikut :

1. Garis punggung lurus serta punggung melengkung wajar
Bila kita cermati dari atas, garis punggung koi mesti tampak lurus serta saat mereka bergerak meliuk punggungnya melengkung dengan lumrah. Bila dipandang dari samping, maka garis sebelah atas tubuhnya serta bawah tubuhnya membuat lengkung yang lumrah. Berarti, sebelah atas tubuhnya tak bisa terlampau melengkung, namun sebelah bawah juga Jangan sempat membuat garis lurus. Koi yang saat berenang membuat lengkungan yang tajam pada tubuhnya sendiri tak layak untuk diambil.

2. Sirip tumbuh prima serta cantik
Sirip yang cantik serta besarnya seperti dengan tubuhnya, jadikan koi terlihat cantik. Yang paling mutlak diantara seluruh sirip yaitu sirip dada. Sirip ini tak bisa cacat lantaran penyakit atau cacat bawaan. Sebagian koi yang lantaran keku-rangan makan umumnya memiliki sirip yang kerdil (kecil). Sirip ekor serta sirip punggung koi kerap ditemu-kan cacat. Begitupun halnya dengan sirip perut atau sirip anal. Upayakan menentukan koi yang memiliki wujud sirip prima.

3. Kepala berupa sempurna
Sebagian muka koi enak dipandang, namun sebagian lagi tak. Ada koi yang memiliki hidung bersan-dar ke depan, serta beberapa lagi ada yang mancung. Wujud hidung koi ini, meski tidak sama, keduanya dikira kurang bagus. Yang bagus yaitu koi dengan wujud hidung yang lumrah, tak terlampau menonjol, namun juga tak terbenam dalam timbun-an daging. Cacat rahang paling memastikan. Bisa jadi cacat ini dikarenakan oleh penyakit gill root (akar insang) yang menyerang koi saat tetap kecil. Cacat yang disebabkannya benar-benar besar pengaruhnya pada penilaian koi. Kepala koi jadi besar serta lebar, serta benar-benar tak enak dilihat. Penyakit ini memanglah merubah wujud mulut serta insang. Pada mata, mulut, serta rahang mesti sama bagusnya serta membuat satu bangunan yang cocok serta prima.

4. Perbandingannya serasi
Perbandingan pada panjang, lebar, serta tinggi adalah kunci bagus tidaknya koi. Yang dimak-sudkan di sini yaitu angka terbesar pada perbandingan panjang tubuh serta tinggi yaitu satu. Itu yang paling bagus. Tetapi biasanya angka rasio ini berkisar pada 1-2, 6 sampai 1-3, 0 serta umumnya angka ini telah cukup cukup.

Seluruh sinyal tanda dalam badan koi sebaiknya seimbang. Sisi putih pada mulut serta sisi ekor paling mutlak. Kepala yang membuat huruf semestinya ideal, namun yang berupa unik yang kerap diperlukan. Dua sisi sebagai pusat penilaian yaitu sisi kepala serta bahunya serta daerah ekor. Daerah kepala serta punggung tambah lebih mutlak dibanding daerah ekor. Warna merah pada kepala mesti lebar serta tegas. Garis putih pada leher benar-benar diinginkan sekali pada seekor Kohaku. Pada daerah ekor yang benar-benar diinginkan yaitu warna putih yang bersih, tak kehitam-hitaman. Pola warna yang keiihatan berat pada daerah ini sungguh tak diinginkan. Warna merah yang buram umpamanya, benar-benar tak diinginkan ada pada daerah ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te