Langsung ke konten utama

Mengenal Ikan Gurame Mini

Mengenal Ikan Gurame Mini | Mini Akuarium - Ikan gurame mini dengan kata lain gurami kerdil (Dwarf Gourami, Colisa lalia) yaitu spesies ikan air tawar berbentuk bentik pelagis. Adalah ikan asli dari daerah Bangladesh, India serta Pakistan. Juga ditemukan juga di Myanmar serta Nepal. Ikan gurame mini dengan kata lain gurami kerdil (Dwarf Gourami) sudah banyak diintroduksi ke sebagian negara yang lain seperti Singapura, Kolombia serta Amerika Serikat, terhitung juga Indonesia.


gurame mini

Habitat

Habitat asli ikan gurame mini yaitu danau atau sungai berarus tenang serta anak-anak sungai. Habitat ikan gurame kerdil biasanya padat ditumbuhi oleh tanaman air serta pada habitat itu bisa didapati beragam type ikan gurame mini dari genus Colisa hidup berbarengan.

Media Pemeliharaan

Ikan gurame mini kerapkali dipelihara di akuarium memiliki ukuran kecil, namun ukuran minimal akuarium yang dianjurkan yaitu 60 cm (24 inci). Letakkan akuarium ditempat yang cukup tenang dirumah, lantaran ikan gurame kerdil ini kadang-kadang jadi benar-benar gelisah apabila memperoleh kondisi banyak nada. Didalam akuarium, ikan gurame mini menempati daerah tengah serta atas dari akuarium.

Akuarium tempat pemeliharaan ikan gurame mini mesti di buat sedemikian rupa sepert habitat alami dari ikan gurame mini yang inginkan banyak tumbuhan air. Benar-benar dianjurkan memakai tanaman air yang mengambang untuk menutupi beberapa dari permukaan akuarium.

Tangki Pemijahan

Ikan gurame mini tidaklah type ikan yang agresif pada type ikan yang lain serta karenanya kerapkali dipelihara dalam akuarium berbarengan dengan spesies ikan non-agresif yang lain. Bila sebagian ikan gurame mini jantan diletakkan berbarengan dalam satu akuarium, mereka bakal berbentuk benar-benar teritorial. Namun hal semacam ini bisa diatasi dengan meletakkan mereka dalam akuarium yang semakin besar dengan adanya banyak tanaman air yang berperan untuk pembatas alami.

Benar-benar tak dianjurkan untuk mencampurkan ikan gurame kerdil ini dengan ikan yang jauh semakin besar atau berbentuk agresif, lantaran kemungkinan bakal mengganggu ikan gurame mini. Ikan gurame mini kerapkali dipelihara berbarengan dengan ikan-ikan type tetra, guppy, atau ikan platy pedang (Xiphophorus helleri).
gurame mini

Pemeliharaan

Pelihara ikan gurame mini tidaklah terlampau susah, serta oleh karenanya spesies ikan hias ini benar-benar dianjurkan untuk pencinta ikan hias pemula. Langkah pelihara mutu air akuarium ikan gurame kerdil ini yaitu dengan melindungi supaya pH air seputar 7, serta upayakan supaya tak turun dibawah 6 atau naik diatas 8. Kisaran kesadahan (hardness) air yang dianjurkan yaitu 5 – 19. Suhu air yang dianjurkan yaitu 25 – 28 ° C. Bila ikan gurame mini dirawat dengan baik sepanjang pemeliharaan, ikan hias ini bisa hidup sepanjang 3-4 th. didalam akuarium.

Makanan
Ikan gurame mini yaitu type ikan omnivora yang mengonsumsi makanan berbentuk daging dan tanaman serta/atau alga. Di alam, ikan hias ini mengonsumsi serangga serta larva dari permukaan air dan alga yang tumbuh di bebatuan yang ada di perairam. Dalam penangkaran, ikan gurame mini bakal mengonsumsi nyaris seluruhnya type makanan yang didapatkan, terhitung makanan berupa serpihan (flake), pakan beku, pakan beku kering (freeze dried food) serta pakan hidup. Berikan ikan hias ini makanan cuma berbentuk pakan flake, bisa mengakibatkan ikan gurame mini kehilangan warna cemerlang pada badannya. Dianjurkan memakai pakan flake tropis berkwalitas tinggi untuk makanan pokok, tetapi benar-benar disarankan juga untuk berikan ikan gurami kerdil pakan berbentuk plankton serta pakan hidup yang lain, umpamanya artemia.

Cacing darah beku kering juga di ketahui bisa menolong menumbuhkan warna badan pada ikan gurame mini. Imbuhkan juga sedikit tanaman ganggang pada permukaan akuarium untuk penambahan makanan, tak hanya bisa pula untuk tempat berlindung ikan gurami mini. Tersebut sebagian type pakan yang dianjurkan diberikan pada pemeliharaan ikan gurami mini dengan kata lain ikan gurame kerdil (Dwarf Gourami).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te