Langsung ke konten utama

Penyebab Pertumbuhan Ikan Tidak Seragam

Umum kita jumpai senantiasa ada saja perkembangan ikan yang ada didalam satu kolam yg tidak seragam. Hal semacam itu bisa bikin pada waktu saat panen, ikan yang diangkat dari kolam bakal mempunyai bermacam ukuran. Permasalah itu adalah suatu kerugian sendiri untuk beberapa pembudidaya ikan, karena harga untuk ikan yang memiliki ukuran kecil jauh tidak sama dengan ikan yang memiliki ukuran besar. Keadaan seperti ini mungkin berlangsung pada type ikan apapun, tak tahu itu ikan air laut maupun ikan air tawar, baik waktu ada dalam step pendederan maupun pembesaran.


Butuh kita kenali bahwasanya ada bermacam aspek yang disebut pemicu dari tak seragamnya ukuran ikan di kolam kita. Aspek yang pertama yaitu persoalan stock makanan yang ada dalam jumlah yg tidak memenuhi. Jika makanan yang kita siapkan jumlahnya kurang maka bakal ada banyak ikan yg tidak memperoleh cukup makanan karena ikan itu kalah didalam persaingan. Disebabkan dari hal itu yakni terdapat banyak ikan yang pertumbuhannya jadi terhalang, terlebih waktu ada dalam keadaan yang ekstrem ikan-ikan yang ukurannya tambah lebih kecil bisa terkena serangan oleh ikan yang ukurannya jauh semakin besar hingga ikan itu bisa alami luka-luka juga dapat mengakibatkan ada kematian.

Lalu bagaimana caranya menangani hal itu? Satu diantara langkahnya yakni denga menaikkan makan, lewat cara lakukan pemupukan pada kolam atau mungkin dengan berikan jumah yang semakin banyak untuk type pelet (makanan buatan). Tetapi jika ada perbedaan pada ukuran ikan kecil juga besar sudah terlanjur tampak mencolok maka ikan-ikan yang memiliki ukuran kecil secepetnya mesti selekasnya dipisahkan dari ikan besar, lalu dipelihara didalam kolam yang terpisah jadi ikan itu dapat memperoleh saat supaya bisa tumbuh serta bekembang dengan tambah baik.

Setelah itu yaitu aspek yang ke-2 yakni dikarenakan oleh ada aspek genetic atau keturunan. Umumnya di dalam satu grup (populasi) ikan yang disebut datang dari sistem pemijahan yang sama (bisa dalam sebagian induk) umumnya bakal ditemukan seputar 10 hingga 20 Persen ikan yang memiliki perkembangan tambah lebih lambat dibanding yang lain, tetapi sebaliknya bakal ditemukan kan yang sistem pertumbuhannya tambah lebih cepat bila dipandang dari rata-rata yang sekolam. Oleh karena tersebut butuh ada aksi untuk memisahkan ukuran (sortir/grading) pada ikan waktu ada dalam step pendederan.

Step grading sendiri dikerjakan supaya bisa memisah ikan yang mana saja yang bisa tumbuh tambah lebih cepat serta mana saja ikan-ikan yang alami perkembangan yang lambat. Bila temukan ikan yang alami perkembangan tambah lebih cepat maka ikan itu bakal meraih ukuran sebar pada saat yang benar-benar singkat jadi ikan itu dapat di jual lebih cepat. Sedang, untuk pembudidaya yang bergerak di pembesaran ikan grup itu umumnya di panggil sortiran pertama, yang setelah itu bisa di jual dengan membanderol harga yang lebih tinggi dari pada harga benih ikan yang memiliki ukuran umum. Lalu untuk grup paling akhir yakni ikan-ikan yang alami perkembangan yang lambat, sebaiknya supaya ikan itu tak di jual untuk jadikan benih lantaran dengan pertumbuhannya yang lambat bisa merugikan anda sebagai pembudidaya.

Jika step grading ini tak dikerjakan waktu ada dalam step pendederan maka bisa di pastikan bahwasanya ukuran bermacam dikarenakan oleh aspek genetik yang di mana factor itu bakal senantiasa berlanjut sampai pada step pembesaran. Juga ada waktunya saat step pendederan keragaman ukuran itu tak tampak benar-benar mencolok jadi anda bakal makin memperoleh kesusahan waktu bakal lakukan grading.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te