Langsung ke konten utama

Cara Tepat Menjaga Koi Tetap Sehat


 Menjaga Koi Tetap Sehat


Cara Tepat Menjaga Koi Tetap Sehat | Akuarium Hias -Langkah menjaga ikan koi sesungguhnya tak ada ketentuan spesial, banyak hal memengaruhi dalam menjaga ikan koi umpamanya letak geografis yang tidak sama, buat anda yang tinggal dilokasi suhu cukup panas bakal tidak sama dengan yang dilokasi yang condong sejuk, terlebih bila diukur dari kandungan Ph air barangkali anda bakal bingung terlebih untuk petani tradisional.

Menjaga ikan koi tentulah berlainan juga untuk ikan koi di akuarium bakal tidak sama dengan perawatan ikan koi dikolam, atau anda yang punya niat untuk budidaya ikan koi, saya bakal cobalah menuturkan sebagian panduan menjaga ikan koi untuk pemula :


Kebersihan Kolam/Akuarium Ikan Koi

Buat anda yang menjaga ikan koi di akuarium mesti sedikit lebih rajin untuk bersihkan atau kuras, terlebih bila akuarium yang anda pakai memiliki ukuran kecil, maka bakal cepat kotor, saat pembersihan akuarium dapat tiga kali satu hari atau 1 minggu sekali, namun bila di rasa air akuarium telah tak jernih maka selekasnya bersihkan akurium anda.

Disaranakan pelihara ikan koi di kolam terlebih bila anda mempunyai tujuan untuk membudidayakan ikan koi, karena bila dikolam bakal banyak makanan yang alami, diluar itu bakal cukup cahaya matahari juga.

Melindungi Mutu Air.

Warna ikan koi benar-benar di pengaruhi oleh keadaan air, Â bila keadaan air jernih makan bakal benar-benar sangat mungkin warna ikan koi bakal lebih menonjol, diluar itu air juga mesti memiliki kandungan cukup oksigen, cermati jangan sempat air yang masuk pada kolam anda mengadung limbah atau toksin.
Menjaga Koi Tetap Sehat
Bila anda pelihara ikan koi di akuarium disaranakan memakai air dari sumur atau pam, maupun anda dapat juga memakai air dari kali bila sangat mungkin, namun pada mulanya mesti diendapkan dahulu supaya kotaran yang terdapat tak masuk ke akuarium ikan koi hingga akuarium anda jadi cepat kotor, saat ingindapan dapat dikerjakan didrum lamanya seputar 3 hari.
Pemakaian Filter dalam Menjaga Ikan Koi

Filter ikan koi 
Karena ikan koi pada intinya hidup di air yang mengalir, dalam menjaga ikan koi dianjurkan kolam anda memiliki system filterasi, faedah pemakaian filter supaya oksigen dalam air terus terjaga kesegarannya karena perputaran air yang dihasilkan oleh filter.

Buat anda yang menjaga ikan koi di akuarium pemakaian filter benar-benar harus, tak hanya untuk menjaga kesegaran air, filter juga berperan untuk menyedot kotoran yang ada didalam kolam atau akuarium.

Berikanlah Pakan Ikan Koi yang Berkualitas
Untuk terus melindungi supaya warna ikan koi anda terus bagus, berikanlah pakan spesial untuk ikan koi lantaran umumnya beberapa bahan yang terdapat telah penuhi keperluan ikan koi, terdapat beberapa dipasaran yang jual pakan ikan koi, namun bakal semakin bagus bila pakan ikan koi dari pakan alami seperti jasad renik atau lumut.

Batasi Jumlah Ikan Koi Pada Tiap-tiap Kolam
Pembatasan ikan koi dalam satu kolam pasti bakal punya pengaruh untuk habitat ikan koi, ikan koi bakal lebih produktif, diluar itu dapat menghindar ikan koi stres.


Kolam karantina ikan koi
Ada kalanya ikan koi anda mesti dikarantina, umpamanya dikarenakan lantaran diserang penyakit, supaya penyakit ikan koi tak menular pada ikan koi lain, maka disarankan dikarantina, sistem karantina juga disarankan untuk ikan koi yang alami stress.

Sistem karantina bisa dikerjakan dikolam terpisah anda dapat imbuhkan garam serta sebagian obat-obatan supaya ikan koi selekasnya sembuh.

Untuk sistem karantina dapat pula dikerjakan dengan memakai kantong plastik bening (supaya masuk sinar), ukurannya seukuran kantong sampah dipasaran banyak ada, janganlah lupa isi dengan air seperlunya serta oksigen, kemampuan karantina dengan kantong seputar sehari satu malam, bila ikan koi anda tetap butuh di karantina maka ubah air serta oksigen hingga ikan anda sembuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te