Langsung ke konten utama

Membeli dan Memilih Ikan Koi



Membeli dan Memilih Ikan Koi (miniaquarium) -Sebelum saat kita memasuki dunia koi, ada perihal yang butuh kita kenali tentang kelas-kelas koi. Walau bila kita pingin koi dipelihara sebatas hobi semata maka perihal tersebut jadi tidak mutlak. Asal koi yang dipilih kita senang serta indah menurut kita, tak ada masalah dengan arti-istilah maupun kels-kelas mutu koi. Walau demikian bila di idamkan memelihara koi untuk tujuan kontes atau kejuaraan maka ada perihal baku yang butuh di perhatikan serta dipenuhi saat memilih koi yang baik, bukan hanya bagus menurut kita namun juga bagus menurut standard penjurian. Di jepang serta dunia ada perbedaan arti pada “koi” serta “nishikigoi. koi adalah arti untuk ikan karper/mas sebagai ikan mengonsumsi namun nishikigoi mengacu pada ikan mas yang ditujukan untuk hiasan. walau selanjutnya arti ini jadi bercampur aduk, terkadang orang menyebut koi sebagai ikan hias.

ikan koi adalah keluarga ikan mas ( karper ) yang disebut hasil pembiakan silang dari beragam jenis type serta warna ikan koi, hingga dihasilkan warna serta pola ikan yang beragam macam serta mempunyai keindahan. sistem pembiakan serta kawin silang ini dikerjakan sepanjang bertahun-tahun serta dikerjakan perbaikan-perbaikan. Untuk membuahkan koi dengan mutu super sistem seleksi berjalan amat ketat serta cermat. tak hanya membuahkan koi dengan mutu baik, kawin silang juga telang membuahkan beberapa jenis koi yang beragam macam ( kohaku, sanke, showa, ogon dan sebagainya ).


Lihat sistem perkembangbiakan yang amat panjang lumrah bila koi dengan mutu super ( quality show ) bernilai cukup mahal. tak hanya factor keturunan yang diseleksi dengan ketat tersebut, keindahan koi amat bergantung pada factor lingkungan area ia tinggal ( kolam koi ), koi yang bagus serta bernilai mahal dapat alami penurunan kualitasnya bila dipelihara didalam kolam yang jelek mutu airnya. Demikianlah sebaliknya koi yang awal mulanya kurang bagus dapat beralih jadi koi yang cantik bila lingkunan serta makananya cukup beri dukungan. Disinilah peran hobis amat mutlak didalam memastikan bagaimana dapat memprediksikan hari esok seekor ikan koi serta mutlak mempunyai pengetahuan saat memelihara serta menjaga koi. Sayang bila kita beli koi dengan harga yang mahal namun kita tidak dapat merawatnya. sebaliknya jadi keuntungan bila kita beli koi dengan harga murah namun didalam periode waktu spesifik jadi koi juara yang harga nya tidak terbatas.

Umumnya koi diklasifikasikan didalam sebagian level mutu koi. tiap-tiap level mempunyai mutu keindahan serta harga yang berlainan..

1. Pond quality
Dengan umum koi adalah ikan yang mempunyai keindahan serta pesona tersendiri, koi kelompok ini adalah hasil sistem penyortiran dari breeder koi serta bisa dibeli di toko ikan hias atau peternak. beberapa besar type koi dibesarkan dengan lokal dengan garis darah campuran serta tak ada catatan pada mulanya. kerapkali tidak diketahui siapa yang lakukan penangkaran serta beberapa besar tidak dipakai untuk persaingan. tetapi demikianlah kelompok koi ini cukup murah serta mengasyikkan sebagai hiasan didalam kolam.

2. Ornamental quality
Koi didalam kelompok ini datang dari indukan yang berkwalitas baik serta mempunyai garis darah yang bisa dipertanggungjawabkan baik, wujud tubuh yang baik, serta warna yang indah. hanya satu perbedaan pada mutu ornamental koi serta show quality koi yaitu pada pola warnanya. di antara parameter mutlak didalam show quality koi yaitu kecocokan pola warna yang bagus serta tanpa “kesalahan”. umumnya koi type ini mempunyai pola yang tidak seimbang dengan ada beberapa kekeliruan, walau demikianlah koi ini amat indah serta dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. koi didalam kelompok ini bisa dipakai sebagai indukan koi yang cukup bagus.

3. Show quality
Terdapat banyak kriteria yang perlu dipenuhi saat memilih mutu koi untuk show atau masuk didalam kelompok koi show quality. type koi ini mesti mempunyai :

1. Wujud tubuh yang baik, seperti wujud torpedo serta mempunyai warna yang cemerlang
2. Mempunyai kulit yang mengkilap.
3. Pola pinggir warna yang tajam ( kiwa ), batas antar warna mesti tajam serta tegas seperti kulit yang disilet.
4. Kemerataan warna didalam pola.
5. Total pola seimbang.

Beberapa pakar berasumsi keturunan jadi unsur yang amat mutlak serta memastikan beberapa besar mutu koi show. memiliih koi dengan mutu show mesti mencermati asal-usul indukan dengan garis darah yang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te