Langsung ke konten utama

Penyakit Pada Ikan Koi Bag 2

Penyakit Pada Ikan Koi Bag 2 (miniaquarium) -Melanjutkan ulasan tentang penyakit pada ikan koi bag 1, maka berikut ulasan selanjutnya pada bag ke 2 ini masih mengulas tentang penyakit pada ikan koi.

Kutu Ikan
Penyakit kutu ikan
Kutu ikan juga kerap ditemukan menyerang koi. memiliki bentuk pipih berwarna abu-abu muda serta tetgolong ke didalam udang-udang renik. Tidak sama dengan white spot, seekor kutu ikan ukurannya cukup besat hingga bisa dipandang dengan mata telanjang.

Bila cuma satu atau dua ekor kutu ikan yang melekat pada tubuh koi, kita dapat mencomot kutu ikan tersebut dengan pinset serta mengolesi bekas lukanya dengan obat merah. Bila jumlahnya cukup banyak serta telah menyerang semua ikan yang ada didalam kolam, maka tak ada jalur lain jika mengobatinya dengan diphterex berdosis 0, 5 - 1, 0 ppm sepanjang 24 jam. Penyembuhan dapat dengan garam dapur sejumlah 2-3% sepanjang 10-15 menit. Penyembuhan dikerjakan dengan perendaman. pelaksanaan-nya mesti hati-hati, untuk menghindar makin parah-nya koi yang kita pelihara.

Lernaea pada sisik ikan
Penyakit Lernaea
Parasit lernaea yang popular dengan nama cacing perioder yang tampak dengan mata telanjang juga sekali waktu ditemukan menyerang koi di kolam. sama seperti white spot, cacing perioder ini juga menyerang pada semua sisi tubuh, apalagi hingga pada insang koi.
Lernaea menyerap cairan didalam tubuh koi. mengakibatkan koi lemah serta bentuk-nya tidak bagus. pada serangan yang telah kronis koi dapat menjumpai ajalnya. Sialnya lagi lernaea gam-pang berkembang biak, hingga bila seekor koi diserang lernaea serta tidak segera ditanggulangi pasti-lah didalam tempo singkat semua koi didalam kolam dapat terjangkiti. Sungguh tidak enak terasa mem-bayangkan koi yang, mulus-mulus dikotori denganparasit yang seperti cacing melayang-layang didalam air !

Parasit ini didalam jumlah sedikit pada seekor koi dapat dicabut serta bekas gigitannya yang berdarah diolesi dengan obat merah. Bila serangan telah merata dapat diobati dengan larutan formalin berkonsentrasi 25 ppm sepanjang 10 menit dengan pengulangan 2-3 kali tiap-tiap 2 hari sekali lewat cara pemandian. dapat juga dengan diphterex seperti menyembuhkan kutu ikan.

White spot
Penyakit white spot
Penyakit white spot barangkali bisa disebut penyakit yang amat popular dikarenakan banyak di-temukan menyerang koi di kolam taman ataupun kolam penampungan. bintik-bintik putih dapat terlihat di permukaan badan ikan, semula di satu sisi lantas meluas di bagian tubuh yang lain. penyebab bintik putih ini tidak lain dari protozoa bernama ichthyophthirius multifilis.

Walaupun tidak tampak mata telanjang, namun dikarenakan protozoa ini berkumpul didalam jumlah banyak, maka dapat terlihat seperti bintik putih. diameter seekor protozoa lebih kurang 0, 7 milimeter serta berupa seperti telur.

Ikan koi yang diserang bintik putih seolah-olah tertutup oleh bedak putih. pada step awal bintik
putih cuma menyerap cairan tubuh, namun makin lama mengakibatkan ikan kurus serta selanjutnya mati.

Ikan koi dapat amat gampang diserang jika lingkungannya buruk serta kesehatan koi tidak ada didalam kondisi sempurna.
Untuk menyembuhkan koi yang diserang dapat lewat cara menaikkan suhu air sampai meraih sebagian derajat dari suhu awal. cara ini kerap efisien untuk mematikan white spot.

Penyembuhan lewat cara menaikkan suhu air kolam 0, 5 gram methelene blue didalam 1 ton air juga cukup efisien saat mengenyahkan white spot. Penyembuhan dikerjakan lewat cara pemandian. tak hanya pada tubuh, white spot juga menyerang insang koi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikan Ketang-Ketang

  Klasifikasi dari Ikan Ketang-Ketang ( Scatophagus argus ) yaitu seperti berikut : kingdom : animalia Filum : Chordata class : actinopterygii ordo : perciformes family : scatophagidae genus : Scatophagus spesies : Scatophagus argus Wujud ikan ketang-ketang/ kiper serupa dng ikan discus sehinga ikan kiper juga jadikan ikan hias untuk beberapa orang. Ikan ini memiliki bercak totol-totol hitam pada tubuhnya serta saat dewasa bercak totol-totol hitam ini dapat sedikit memudar. Tubuhnya pipih agak berupa segiempat. Mata cukup besar, diameternya sedikit lebih kecil dari pada panjang mulut. Ikan kiper dengan cara umum mempunyai panjang 20 cm serta maksimum pada 38 cm. Saat memasuki fase masak gonad ikan kiper memiliki ukuran lebih kurang 14 cm. Di bagian sirip dorsal ada jari-jari keras sebanyak 10-11 serta 4 dibagian irip anal. Ikan kiper bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik mencakup Kuwait ke Fiji dan dari utara ke selatan Jepang. Ikan ini bermuara di laut, sekeliling karang, ber

Hiu Hitam Air Tawar (Black Shark)

Tanda-tanda utama dari ikan ini yaitu mempunyai warna hitam di sekujur badannya. Pada mulutnya ada dua gunakan barbel atau sungut yang kecil. Mempunyai sirip-sirip yang lebar serta panjang serta juga mempunyai sirip punggung yang meninggi seperti sirip ikan hiu hingga ikan ini dinamai shark atau hiu. Ikan ini bisa tumbuh sampai meraih ukuran 80 cm. Dibanding kerabatnya, red fin shark yang lebih populer, ikan ini tidak sering di kenal terkecuali oleh beberapa penghobi serta tidak sering di jual di pasar ikan hias. Benar-benar teritorial pada macamnya sendiri terlebih makin pertambahan umur. Ikan ini mempunyai karakter yang benar-benar teritorial serta agresif terlebih pada spesiesnya sendiri hingga didalam akuarium ikan ini tambah baik dipelihara satu ekor saja. Black shark yaitu ikan yang rakus yang bakal mengonsumsi seluruhnya type makanan yang didapatkan. Pada ikan yang tetap kecil, pakan yang bisa diberikan yaitu cacing darah, makanan serpih (flake), sayuran, serta cacin

Peranan Air Terjun pada Kolam Koi

Kerap kita menjumpai kolam koi dilengkapi dengan air terjun (Waterfall) di dalamnya. Air terjun pada kolam koi memanglah berikan nuansa alami pada kolam koi. Gemericik air bikin situasi alami serta fresh dirasakan pada kolam koi. Terlebih nuansa tanaman air yang ada pada kolam koi berikan sensasi yang lebih. Selain itu dengan memberikan air terjun pada kolam koi bakal lebih bikin ikan koi di kolam lebih enjoy. Air Terjun pada kolam koi dapat menambah molekul air serta membawa semakin banyak oksigen ke dalam air kolam, hingga disolved oxigen (oksigen terlarut) dalam air makin besar. Keadaan sekian bakal membuat habitat yang ideal untuk ikan Koi. Waterfall menambah hubungan hawa serta air yang bikin oksigen masuk ke dalam air. Karena waterfall/air terjun jadi oksigenator alami untuk kolam Anda. Dalam mendesain air terjun terdapat banyak design yang di buat dalam sebagian tingkat, hal semacam ini bakal berikan dampak yang lebih indah serta alami juga menambah jumlah oksigen te